Senin, 01 Juni 2009

STRATEGI PEMBELAJARAN

STRATEGI PEMBELAJARAN

pustaka.ut.ac.id/puslata/online
Hakikat Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran, di samping ditafsirkan sebagai urutan kegiatan pembelajaran, sering pula dikaitkan dengan metode pembelajaran bahkan ada yang menyamakan keduanya. Sedangkan metode pembelajaran sering pula dikaitkan dengan penggunaan media pembelajaran. Kekaburan pengertian ini merupakan pencerminan akan kekurang mantapan komponen tersebut di dalam proses pengembangan pembelajaran secara keseluruhan.

Model yang dikembangkan dalam modul ini , menempatkan konsep-konsep yang berkaitan tersebut dalam suatu peta yang berbentuk tabel. Konsep strategi pembelajaran sebagai urutan kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan metode, media yang digunakan dan waktu yang dibutuhkan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran yang digambarkan dalam modul ini bukan saja cara tentang bagaimana tujuan pembelajaran dicapai, melainkan juga dengan alat apa dan berapa besar usaha yang harus dilaksanakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen dari strategi pembelajaran. Oleh karena itu keberadaannya tidak kalah penting dengan komponen pembelajaran lainnya. Sama seperti komponen lainnya, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai upaya yang direncanakan guru agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efisien dan efektif.

Banyak metode yang dapat digunakan untuk membantu pendidik mencapai tujuan pembelajaran. Namun tidak ada satupun metode yang dapat digunakan untuk semua tujuan pembelajaran atau untuk semua mata pelajaran. Oleh karena itu, pemilihan metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, dan karakteristik siswa menjadi sangat penting artinya. Sedangkan keberhasilan penggunaan suatu metode pembelajaran, tidak hanya karena ketepatan dalam pemilihan metode, tetapi sangat ditentukan oleh sinergi yang harmonis dari komponen pembelajaran lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar