Senin, 01 Juni 2009

Model Konsep Kurikulum

Jumat, 2008 November 07


Klik 2x di gambar untuk meperbesar!
Kurikulum Subjek Akademis
Sumber : Pendidikan Klasik (filsafat perenialisme, esensialisme)
• Orientasi masa lalu
• Asumsi : ilmu, nilai, budaya telah solid
• Tugas pendidikan memelihara & mewariskan ilmu, nilai budaya
• Guru adalah ekspert & model

Karakteristik kurikulum :
• kurikulum menekankan isi/materi ajaran
• Isi kurikulum berasal dari disiplin ilmu (solid-sistematis)
• Peranan guru sangat dominan
• Penyajian : ekspositori & inkuir

Pendekatan Dalam Perkembangan Kurikulum Subjek Akademis
• Pendekatan berdasarkan struktur pengetahuan
• Pendekatan bersifat integratif (integrated curriculum)
o Tema yang membentuk kesatuan (unifying theme)
o Menyatukan beberapa disiplin ilmu (contoh social studies)
o Menyatukan berbagai metode belajar
• Pendekatan fundamentalis
o Mata pelajaran membaca menulis berhitung
o Mata pelajaran lain dipelajari tanpa dihubungkan dengan kebutuhan praktis

Kurikulum Humanistik
Sumber : Pendidikan Pribadi (filsafat eksistensialisme)
• Orientasi ke masa sekarang
• Asumsi : anak punya potensi
• Pendidikan ibarat bertani
• Guru adalah psikolog, bidan, motivator, fasilitator

Karakteristik kurikulum :
• Siswa adalah subjek, punya peran utama
• Isi/bahan sesuai minat/kebutuhan siswa
• Menekankan keutuhan pribadi
• Penyampaian : discovery, inquiry, penekanan masalah

Kurikulum Teknologis
Sumber : Pendidikan Teknologis (filsafat realisme)
• Orientasi ke masa sekarang dan yang akan datang
• Menekankan kompetensi
• Kompetensi diuraikan menjadi perilaku yang dapat diamati
• Peranan guru tidak dominan (dapat diganti alat-alat teknologi)
• Pendidikan bersifat ilmiah (science, experimental, terukur0
• Pendidikan – sistem

Karakteristik kurikulum :
• Tujuan dirinci menjadi objektif
• Menekankan isi (uraian kompetensi)
• Disain pengajar disusun sistemik (menggunakan analisis approach)
• Isi disajikan dalam media tulis & elektronik
• Evaluasi menggunakan tes objektif

Kurikulum Rekonstruksi Sosial
Sumber : Pendidikan Interaksional (filsafat pragmatisme)
• Orientasi ke masa lalu dan sekarang
• Asumsi : manusia mahluk sosial
• Menekankan pemecahan problema masyarakat
• Tujuan pendidikan pembentukan masyarakat lebih baik
• Pendidikan adalah kerjasama : interaksi guru-siswa-siswa

Karakteristik kurikulum :
• Tujuan pemecahan masalah masyarakat
• Isi kurikulum ; problema dalam masyarakat
• Metode mengajar kooperatif / gotong royong / kerja kelompok
• Guru & siswa belajar bersama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar