Senin, 01 Juni 2009

Banyak Sekolah Swasta Kekurangan Siswa

Sabtu 7 Juli 2007

Kompas.com

Pendidikan

Tegal, Kompas - Penerimaan siswa baru atau PSB sekolah negeri maupun swasta, secara resmi selesai Jumat (6/7). Meskipun demikian, hingga akhir PSB masih banyak SMA dan SMK swasta di Kota Tegal yang kekurangan siswa. Itu akibat sedikitnya jumlah siswa yang mendaftar ke sekolah tersebut.

Ketua PSB SMA Ihsaniyah Kota Tegal Rustiati mengatakan, jumlah calon siswa yang sudah mendaftar ke sekolahnya sebanyak 56 siswa. Menurutnya, jumlah tersebut belum memenuhi target yang ditetapkan sekolah.

Dalam PSB kali ini, SMA Ihsaniyah menargetkan menerima sedikitnya 94 siswa. Itu sesuai dengan jumlah siswa kelas III yang lulus tahun ini. Meskipun demikian, apabila jumlah siswa pendaftar lebih dari itu, sekolah tetap bersedia menampungnya. Pada PSB tahun lalu, jumlah siswa baru yang diterima di SMA Ihsaniyah mencapai sekitar 150 siswa.

Rustiati mengatakan, untuk memenuhi target yang ditetapkan sekolah, pihaknya akan memperpanjang waktu PSB dengan membuka gelombang kedua. PSB gelombang kedua akan dilaksanakan hingga tanggal 14 Juli.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun lalu, peningkatan jumlah pendaftar akan terjadi pada PSB gelombang kedua. Siswa yang mendaftar merupakan siswa yang dinyatakan tidak diterima di SMA negeri.

Kondisi serupa juga terjadi di SMA NU Kota Tegal. Menurut Wakil Ketua PSB SMA NU Kota Tegal, Supriyanto, daya tampung siswa baru di sekolahnya sebanyak 80 siswa. Namun, hingga saat ini jumlah pendaftar baru 20 siswa.

Menurutnya, kondisi itu juga terjadi tahun lalu. Pada PSB tahun lalu, jumlah siswa yang mendaftarkan diri ke SMA NU hanya 47 siswa. Ia memperkirakan, dalam PSB tahun ini, jumlah siswa yang mendaftar ke sekolahnya hanya sekitar 40 orang.

Sementara di SMK Dinamika Kota Tegal, jumlah calon siswa baru yang terdaftar juga belum memenuhi target sekolah. Ketua PSB SMK Dinamika Kota Tegal Andi Iman Sukirman mengatakan, hingga saat ini jumlah calon siswa baru yang sudah terdaftar mencapai 253. Padahal, daya tampung sekolah mencapai 400 siswa.

Di Kota Magelang sebanyak 2.931 calon siswa hari ini akan mengikuti tes seleksi penerimaan siswa baru di 11 SMP negeri di Kota Magelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar