Untuk bisa menilai apakah proses belajar mengajar berjalan dengan baik, tentu evaluasi pembelajaran dibutuhkan.
1.Evaluasi harian (ulangan harian). Dilaksanakan setiap selesai masa satu periode pembelajaran. Untuk materi yang bersifat pemikiran atau pengetahuan umum, evaluasi dilakukan secara lisan. Ini untuk menghindari kecurangan yang ada, dan evaluasi lebih meyakinkan karena siswa harus menjawab dengan spontan setiap pertanyaan dari gurunya. Untuk materi yang membutuhkan keahlian, evaluasi dilakukan dengan praktek secara langsung.
2.Evaluasi umum (Ujian umum). Ujian umum diselenggarakan 2 kali dalam setahun. Ujian diselenggarakan secara terpisah untuk setiap jurusan di ke 3 jenjang. Materi ujian mencakup seluruh mata pelajaran di seluruh jenjang, dan akan difokuskan pada materi yang dipelajari siswa pada 6 periode terakhir (31-36)
Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web
Universitas Islam Malang (Unisma) selama dua hari menyelenggarakan workshop "Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis ICT" bagi Dosen FKIP Unisma (Pend. Bahasa dan Sastra
Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro menyampaikan materi dalam 2 sesi pagi : Bentuk dan Jenis Evaluasi Pembelajaran, dan Model Authentic Assessment dalam Evaluasi Pembelajaran.
Sedangkan saya, siangnya jam 13.00-16.00 diminta teori dan praktik tentang : Model Evaluasi Pembelajaran berbasis Web
Peda kesempatan tersebut saya menyampaikan tentang jenis-jenis tes interaktif berbasis IT, yaitu:
Tes Objective :
- True – False (benar salah)
- Multiple Choice (pilihan ganda)
- Multi Select (pilihan ganda asosiasi)
- Mathcing (menjodohkan)
Tes Non Objective :
- Jumble exercise (menyusun huruf/kata)
- Fill in the Blank (close activity) (melengkapi/jawaban singkat)
- Crossword (teka-teki silang)
Saya sampaikan pula software-sofware untuk membuat tes interaktif tsb, salah satunya adalah Hot Potatoes, yang selanjutnya dipraktekan secara bersama-sama. Hot Potatoes, adalah freeware bagi pendidikan, dan mudah digunakan. Untuk interaktifity, hot potatoes menggunakan HTML dan Javascript, namun untuk menggunakan dan membuat tes, tidak perlu menguasai HTML dan Javascript.
- JQuiz (question-based exercises)
- JCloze (gapfill exercises)
- JMatch (matching exercises)
- JMix (jumble exercises)
- JCross (crosswords)
- The Masher (buildling linked units of material)
Saya perkenalkan satu-persatu. Mulai dari JQuiz untuk membuat soal pilihan ganda. Cukup 2 langkah : yaitu mengisikan judul tes, pertanyaan dan pilhan jawaban, kemudian tekan button export web page (atau tekan F6), maka kita akan menyimpan hasilnya, berupa file HTML dan bisa langsung preview hasilnya.
- bagaimana menambahkan intruksi/perintah
- bagaimana memberi waktu (batasan waktu mengerjakan soal)
- bagaimana agar siswa/peserta tes hanya diberi kesempatan 1 kali menjawab
- bagaimana agar bisa membuat soal lebih dari 3 (karena kalau belum registrasi di hot potatoes, maks. 3 soal)
- bagaimana menambah bacaan pada soal
- bagaimana mengacak soal, atau dan jawaban.
maka sesi-sesi berikutnya adalah tentang konfigurasi di hot potatoes sehingga menjawab pertanyaan2 di atas. Dilanjutkan seluruh jenis quiz dicoba, hingga membuat TTS dengan mudah. Tepat jam 16.00 workshop bisa diselesaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar