Minggu, 31 Mei 2009

Tujuan perpustakaan berbasis TIK

Oleh LIlik Susilowati
Tujuan penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah menunjang program belajar bagi murid dan engajar bagi guru agar tujuan umum dan khusus endidikan tercapai secara optimal.
Membangun serta memfasilitasi minat baca siswa, sehingga dapat membantu proses
belajar mengajar serta memfasilitasi keinginan siswa untuk mengetahui hal-hal lain ang tidak diberi oleh pengajar atau guru.
Peranan perpustakaan sekolah berperan sebagai salah satu sarana pendidikan yang ersifat teknis edukatif dan bersama -sama dengan unsur-unsur pendidikan lainnya kut menentukan berhasilnya proses pendidikan.
Fungsi perpustakaan sekolah adalah memberikan informasi untuk menunjang rogram belajar dan mengajar. Fungsi dari pelayanan informasi akan menghasilkan iga macam manfaat yaitu : Sebagai sumber belajar, sumber informasi, mengasah nspirasi dan rekreasi.
Dikatakan sebagai sumber belajar karena dengan menggunakan perpustakaan ecara tepat guna siswa dapat memperdalam pemahaman dan penghayatan engetahuan yang diperoleh dari guru. Dikatakan sebagai sumber informasi karena oleksi perpustakaan dapat dipergunakan untuk memperluas cakrawala pengetahuan an ketrampilan murid selain yang telah diberikan oleh guru. Begitu juga penggunaan leh guru akan memperluas cakrawala dan memutakhirkan pengetahuan guru dalam idang studi yang diajarkan.
Manfaat sebagai sumber rekreasi tampak dalam fungsinya memberikan koleksi ingan sehingga memberikan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan erkembangan perpustakaan, ketrampilan, serta nilai dan sikap hidup, baik guru maupun siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar