Minggu, 31 Mei 2009

Perpustakaan sebagai sarana penunjang tercapainya tujuan pendidikan

Oleh : Hartati, S.Pd.
Perpustakaan Sekolah dan Proses Belajar Mengajar
Kita melihat kemajuan dunia yang berputar semakin pesat, teknologi semakin maju dan pembangunan yang hebat telah dikerjakan oleh sementara orang. Dalam hal ini manusia bukan sekedar sebagai objek pembangunan, tetapi juga sebagai subjek pembangunan. Untuk itu melalui profesi perpustakaan kita ikut ambil bagian dalam “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
Pembanguan adalah masalah teknologi. Dan teknologi adalah informasi. Sedangkan informasi adalah masalah perpustakaan. Demikianlah urutan yang dapat kami simpulkan. Tidak mungkin kita memiliki teknologi canggih kalau kita tidak memiliki informasinya. Semakin maju teknologi, semakin banyak informasi yang kita perlukan. Informasi dari berbagi teknologi yang kita perlukan dalam pembangunan tersebut harus menyertainya, kalau tidak teknologi tersebut akan cacat. Dan jika demikian pembangunan akan gagal. Kita mamiliki sebuah televise yang canggih, tetapi tidak ada informasi yang menyertainya, kemungkinan kita akan memperoleh kesulitan kalau ingin mengganti sparepart, atau ingin memainkan video, karena buku petunjuknya tidak ada. Karena itu informasi harus menyertai sebuah teknologi. Kadang-kadang kita enggan menyimpan informasi demi informasi, sebab kalau kita kumpulkan semakin banyak semakin menjadi beban. Sebaiknya berbagi informasi itu dikumpulkan di sebuah tampat yang disebut sebagi perpustakaan. Sumber informasi di perpustakaan diolah dan diatur sehingga mudah menemukan kembali untuk dipakai, walaupun perpustakaan masih kecil sumber informasinya tetap kita olah sesuai dengan standar, dan akhirnya jika perpustakaan menjadi besar, layanan akan tetap baik dan lancar.
Dalam hal ini kita sorot keberadaan perpustakaan sekolah, sebagai suatu lembaga yang akan memberikan dasar dari segala dasar. Perpustakaan sekolah diharapkan dapat menemukan kembali mutu pendidikan dasar, menjadi dasar bagi pendidikan berikutnya atau menjadi bekal utama dalam menempuh kehidupan. Kita sering mendengar mutu guru yang demikian merosot. Mutu tersebut dapat kita naikkan jika kita mau menengok ke perpustakaan, disana ada harapan. Dari perpustakaan sekolah ini diharapkan guru mau belajar lagi membaca apa yang berhubungan dengan masalah belajar mengajar. Berbagi metode mengajar yang paling efektif untuk masa kini. Di perpustakaan sekolah anak dapat mengembangkan minat mereka, mencari bacaan yang memperkaya pengalaman melalui bacaaan yang tersedia. Melalui perpustakaan sekolah diharapkan anak dapat mengembangkan ketrampilan untuk mencari informasi guna keperluan mereka secara mandiri. Mereka kita berikan wawasan mengenai “era informasi”, “era globalisasi”. Kita berikan cara mengatasi hidup di dalam kedua era tersebut.dan dalam hal ini perpustakaan menjawab kedua tantangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar